14.8.12

Dari Kota X ke kota Y [Part I]




Ini cerita perjalanan saya beberapa hari yang lalu. Pagi sekali saya sudah berangkat ke kota ‘kerja’, mengurus segala perizinan lanjut belajar yang tertunda seminggu karena suatu kerjaan. Sesampai di kantor X, semua yang saya cemaskan gak terjadi. Semua memang berjalan lancar dan baik. Tapi, ada dua surat lagi yang diminta. Maka jadilah solusinya saya langsung caw ke kota “kuliah” untuk menjemput surat itu. 

Dua jam kemudian, sesampai di kota “kuliah”, saya langsung menuju kampus. Bertanya pada bagian umum, perihal  surat yang saya masukkan kisaran sepuluh hari yang lalu.
“Uni, surat saya yang dimasukin tanggal X untuk kepentingan X udah selesai belum un?” saya bertanya ramaaaahhh sangat. :D

“oh, yang mana? Bukannya udah langsung selesai waktu itu?” si Uni balik nanya ke saya.
“bukan Un..ada lagi, yang surat keterangannya Uni.. “ saya menjelaskan.
“Hm..dulu masukinnya lewat sini?”
“enggak uni..”
“oh, ya udah. Belum sampai sini tuh. Coba ditanya lagi bagian X ya.” Si Uni menyarankan.

Baiklah. Jeng..jeng...saya berpindah ruang. Menemui si Ibu di bagian X itu.
“Maaf bu, sekitar sepuluh hari yang lalu saya masukin surat untuk kepentingan X di sini. Apa sudah bisa diambil bu?”
SI ibu tak menjawab, mencari-cari tumpukan surat dan map di atas mejanya. 
*aihh...alhamd banget niy, saya gak disulitin birokrasi kali ini dang! Si ibu dan si Uni menjawab ramah pulaa.. hihihi
“wah, suratnya sudah jalan. Coba ditanya bagian Y ya. “ si Ibu berkata.

Eits. Bagian Y? Bukannya tadi dari sana?! Katanya dibilang di sini, surat nya belum sampai?? Saya berfikir. 

Hari masih belum terlalu siang. Puasa belum jadi alasan buat godain keimanan si Ibu n si Uni tadi. Saya dan Mereka mestinya masih bisa: sabaaaar... urut dada. Baiklah. Saya kembali tersenyum. Ikhlas. Balik lagi.

“Maaf uni, kata si ibu di Y, suratnya udah gak di sana lagi uni.. gimana ya?” saya pura-pura bingung. Sebenarnya, pura-pura bingung itu juga bisa jadi cara buat nunjukin penghargaan kita ke orang lain. Coba kalo saya sok tahu, kalo surat udah jalan dari bagian Y mestinya udah sampai di X, saya kan bisa-bisa aja bilang gini.. 

“Lho?! Kok gini sih ya, administrasinya. Masak jalan surat aja gak tau,,,udah sepuluh hari lagi.. Kasian bener pemerintah gaji orang-orang kayak begini, surat masuk aja kagak tahu.. ckckck”
Kalo begitu kejadiannya, tamat dah! Tamat riwayat saya di kampus itu. Hahahaha. Mahasiswa songong bener. Baru juga mau masuk, eh udah sok-sok an. :D

“kalau gitu, coba tanya si Bapak deh!” Ngeliat saya bingung, si Uni kasih saran coba tanya ke kepala bagian di ruangannya itu.

Saya pun melangkah ke arah meja si Bapak.
“Maaf Pak. Sepuluh hari yang lalu saya masukin surat untuk kepentingan X di bagian Y. Barusan, pas saya coba konfirmasi jalannya surat, Ibu disana bilang, suratnya udah jalan, mungkin udah sampai sini katanya. Surat saya yang atas nama XX udah sampai sini belum pak?”

Hadeuuh. Ribeeuut. Saya mencoba menjelaskan dengan bahasa “bulan puasee”. Alhamdulillah, mafhum. SI Bapak mencari-cari surat di mejanya. 

Gak iyee bener ah. Masa surat udah jalan sepuluh hari belum apa-apa sih. Nih, masih utuh! Saya melihat surat saya itu.
“Oh. Surat yang ini ya?”
“iya pak.”
“untuk kepentingan X ?”
“iya Pak.”
“Gini aja. Tunggu lah jadwal kita keluar dua atau tiga hari lagi. “
“hm..dua sampai tiga hari ya pak.” Saya kembali pura-pira  bingung.
“Maaf pak. Bagaimana kalau surat keterangan saya saja yang dikeluarkan sekarang, seperti dalam permohonan saya sepuluh hari lalu?” Saya mencoba berdiplomasi.
*Ayoohh...ayolahh.. mau lah pak. Masa saya harus balik, dua sampai tiga hari lagi. Itu kalo bener. Kalo gak bener kan balik sini habis lebaran. Suratnya mau diurus kapan tuh di kota “kerja”?? lagian, surat dari “kota kerja” kan juga mau dikasih lagi ke kampus entar pas pertama kuly. Hallahh.. 
“Kita gak biasa pakai surat itu, palingan juga nunggu jadwal.” Si Bapak menjawab.

“Iya pak.. saya juga nunggu jadwal kok pak.. tapi sementara itu, bagaimana kalau, surat saya juga dikeluarin pak?” Saya menjelaskan, tersenyum. #asiik! Harus mempan nih senyum! :D
“Baiklah. Silakan ditunggu.” Jawab si Bapak. 
#Horeey..biarin ah. Nunggu lagi.. palingan bikin surat begituan juga gak sampai satu jam. Dan, sebenarnya, sepuluh hari lalu, surat itu juga bisa keluar langsung loh. Tapi, kenapa ya? 

Orang-orang seringkali merasa di-ikat aturan yang berlaku. Sedikit-sedikit...”prosedurnya emang begitu”, atau “ya, jalannya memang begitu”. Kalo bisa cepat ngapain juga masih pakai motto : “biar lambat asal selamat”? 

Saya duduk di pelataran sembari menunggu surat itu. Tak lama, saya dipanggil si Uni tadi. Surat saya akhirnya selesai Bro! :D 

“Difotokopi dulu ya. Trus tinggalin aslinya, distempel nanti. “
"terima kasih Uni.." 
 
Sip.sap.sip! Saya segera ke ruangan X. Dan perjuangan berakhir untuk sesi kampus X dan ruangan X.  (*)

No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...