2.4.16

Akan Berlalu

Apapun dalam hidupmu akan segera berlalu. Ya, berlalu dengan segera. Hanya kesabaran kita yang kadang tak cukup kadarnya melewati kata "segera" itu.

Saat dihadapkan pada hal-hal yang tak menyenangkan, kita ingin hal itu segera berlalu. Misalnya pada tingkat dan tahapan pendidikan, kita ingin cepat-cepat ujian. Perkara nanti, bagaimana kesiapan diri. Biar semuanya cepat berlalu. Juga pada pekerjaan- pekerjaan yang sulit, kita ingin keadaannya cepat berlalu. 

Lalu, ketika saat-saat menyenangkan datang, dengan seenaknya, kita ingin menahannya agar tak berlalu. Seperti bisa memegang erat putaran waktu. Atau berhenti pada masa dan suasana yang di-mau. 

Tapi, kita lupa mengingat..semua pasti berlalu. Kesenangan, kenyamanan, pekerjaan yang menyenangkan mesti berganti. Dan kita telah melupakan sesuatu: menikmati kenyamanan.
Sekali lagi, semua akan berlalu, bila datang waktunya. Tekanan-tekanan. Keresahan. Kegundahan. Kesenangan. Kenyamanan. Tak satu pun yang akan bertahan lama. Pasti juga berlalu.
Saat kesulitan datang, depresi menjadi peluang, maka kata "semua akan berlalu" lah yang menjadi penguat, merupa semangat. 

Juga jika kebahagiaan, prestasi dan kenyamanan mendekat, sejatinya kita mesti tanggap, bahwa "semua akan berlalu", maka sangat pantas keadaannya disyukuri. Nikmatilah keduanya.
Karna sangat disayangkan, jika kita berlarut-larut dalam kecemasan dan  kekhawatiran kemudian depresi. Padahal semua pasti berlalu.

1 comment:

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...