6.1.11

Merangkai Puzzle



Siapa yang tak kenal puzzle. Anak-anak sangat suka permainan ini. Bermain puzzle, memiliki tantangan tersendiri. Tidak hanya bagi anak-anak, orang dewasa pun demikian. Tentu sesuai dengan tingkat kerumitannya.

Hidup itu seperti bermain puzzle. Menurut saya begitu.

Hari ini, adalah kepingan puzzle yang kita injak, kita langkahkan. Hari kemarin, bukan berarti puzzle yang terletak di belakang, bisa jadi ia malah di samping. Sedangkan masa depan atau hari esok, belum tau bagian mana yang akan diisi. Puzzle mana yang akan ditempati.

Hidup bermula, dengan bagian yang kosong dari puzzle. Lalu kita mulai merangkainya. Sampai terisi, satu, dua dan seluruhnya bagian itu. Ketika itu, pertanda kisah kita akan selesai, tugas pun berakhir. Hanya menunggu hasil. Bagaimana hasil puzzle yang dirangkai.

Merangkai puzzle, bukan persoalan waktu dan akhirnya saja, tapi bagaimana berproses dalam permainan ini. Apakah menikmati, memaknai, dan mensyukuri. Atau malah sebaliknya.

Jawaban selaras dengan harapan si pemain.

No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...