26.2.10

RESENSI

Judul buku : Menjadi Guru yang Dirindu
Penulis : Mahmud Khalifah, Usamah Quthub
Penerbit : Ziyad Vizi Media
Cetakan : I, Agustus 2009
Tebal : 216 halaman

Guru, Sang Pemilik Risalah yang Dirindukan

Fenomena dan problematika pendidikan seakan tidak penah lepas dari peran serta guru selaku nakhoda piawai yang diharapkan dapat mengantarkan penumpangnya ke pulau yang didambakan, yaitu kesuksesan suatu proses pendidikan. Kesuksesan peserta didik, merupakan beban dan tanggung jawab yang berada di pundak Sang Mu’allim. Di tengah mirisnya kepercayaan diri sebagian guru, dengan mempertaruhkan gengsinya diantara berbagai profesi di Indonesia, buku ini hadir untuk memberikan motivasi, dan semangat baru bagi seorang guru.

Seorang guru professional harus merasa bahwa dirinya adalah “pemilik risalah” dan dia harus menyadari dengan kemuliaannya serta mengamini urgensinya. Di samping itu, ia tidak kikir untuk menyampaikan kebaikan dan tidak memandang remeh hal-hal yang bisa menghalangi langkahnya untuk menyampaikan kebaikan… Sungguh, kemuliaan seorang guru disebabkan karena tugas-tugasnya, pembelaannya terhadap kebenaran, seruan menjaga kesucian jiwa, dan menjaga kemuliaan misi pendidikan dan membelanya.” (hal. 11)

Ada berbagai buku tuntunan dan kiat bagaimana menjadi guru sukses, professional dan ideal yang beredar di Indonesia. Baik itu karya-karya pemerhati pendidikan dan pelaku pendidikan di Indonesia sendiri –yang menyesuaikan dengan iklim pendidikan Indonesia-, maupun yang bersumber dari Barat. Namun, melalui bentuk penyajian paparan yang religius, sistematis serta dibubuhi dalil dan syair, menjadikan buku karangan dua penulis Timur Tengah ini menarik dan ringan dibaca kalangan pendidik, khususnya bagi guru-guru pemula.

Buku dengan judul asli Kaifa Tashbaha Mu’alliman Mutamayyizan ini, membahas berbagai hal tentang guru. Di bagian awal, disampaikan keutamaan dan posisi guru di mata masyarakat. Kemudian dipaparkan tentang proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Bagaimana menjadi guru professional dan berbagai faktor yang mempengaruhi kesuksesan guru. Ditambah lagi, buku ini juga memberikan perbandingan berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam praktik kependidikannya, lengkap dengan solusi dan pemecahannya. Dan tidak lupa saran bagi Guru, Sang Pemilik Risalah tersebut agar menjadi guru sukses yang memikat dan dirindukan.

No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...