29.9.13

Apakah Golongan Darah Anda B?

[sumber: teknikdiet.com]



Apakah Anda bergolongan darah B? Sepintas, pertanyaan ini terkesan sok menebak, tapi begitulah, saya ingin mengantarkan catatan dalam sebuah pelatihan berkaitan dengan mengetahui karakter melalui golongan darah. Narasumber kami saat itu, sebetulnya diberikan materi berkaitan tentang komunikasi efektif, namun materi tersebut disampaikan dengan pendekatan psikologi. Jadilah, setengah hari membahas karakter dan tipologi manusia. Karena, menurut pemateri, komunikasi yang terdiri dari unsur komunikan, komunikator dan pesan itu perlu memperhatikan unsur psikologi agar dapat terjalin efektif.

Pemateri itu menyampaikan, seorang peneliti Jepang telah melakukan penelitian selama 80 tahun untuk membuktikan adanya keterkaitan antara golongan darah dengan karakter. Namanya Nomi Masahiko, yang menulis buku What Blood Types Reveal About Compability. Dalam versi bahasa indonesia, buku itu ditulis oleh Anton Dermawan, dengan judul Horoskop Darah pengungkap Watak dan Sikap Manusia.

Oke, saya ulangi pertanyaannya, apakah golongan darah Anda B? Bila jawabannya adalah ya, maka karakter yang *rata-rata* dimiliki orang dengan golongan darah ini –menurut buku yang saya sebutkan tadi- adalah individualistis, kuat, optimis, kreatif, fleksibel. Benarkah??

Tentu saja semua kebenaran itu tidak ada yang bisa memastikannya. Tapi, saya lebih bisa menerima keterkaitan karakter dengan golongan darah dibandingkan dengan tanggal dan bulan lahir, shio, dengan jodoh. *EH? :D

Katanya, orang-orang B cenderung memiliki banyak hobi, banyak kemauan, banyak ingin. Namun hebatnya, mereka bisa menomorsatukan salah satu keinginan itu, lalu konsentrasi *untuk tidak menggunakan kata-kata FOKUS, saya menggantinya dengan KONSENTRASI* dengan keinginan itu. Mereka terkesan antusias, memiliki semangat yang kuat dan menggebu. Sejatinya, mereka lebih menyukai kesendirian. Dalam pergaulan, mereka dikenal seorang yang fleksibel, berani mendobrak hal-hal yang statis, tidak menyukai sesuatu yang berbau adat istiadat.

Emosi orang B, seringkali tidak stabil dan tidak konsisten. Ketidak stabilan itu tidak berkaitan dengan tekanan dari lingkungannya, seperti orang dengan golongan darah O. Karena santainya, berhati-hatilah berjanji dengan orang B, mereka paling gampang ngaret soal waktu. Hahahaha. Orang-orang B, paling mudah ngantuk dan paling cepat tertidurnya. Sekali tertidur, paling susah dibangunkan. Lagi-lagi, ini hanya soal kebiasaan toh?

Benarkah prediksi karakter Anda? Sekali lagi saya sampaikan, kebenaran mutlak itu hanya milik Tuhan. Jadi, tidak perlu khawatir dan berbangga dengan tebak-tebakan ini. Penelitian itu dilakukan di satu wilayah dunia, dengan latar belakang budaya, kebiasaan dan konsumsi makanan yang berbeda dengan banyak wilayah lainnya di dunia. Hanya saja, untuk tujuan komunikasi dengan orang-orang yang memiliki golongan darah tertentu,  kita dapat menerima keadaan, bersiap dengan karakter kebanyakan orang dengan golongan darah tersebut,  kemudian menyesuaikan diri lebih mudah dengan mereka.

Lalu, bagaimana dengan karakter orang dengan golongan darah A, AB dan O??  >> to be continued... Bersambung pada edisi berikutnya.... Hehehehe. Saya harus lanjutkan kuliah Semantik dulu.  Siii yaa.. :D  

2 comments:

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...