23.11.13

Evaluasi Buku Ajar


Buku teks atau buku ajar adalah sarana belajar yang digunakan di sekolah  maupun perguruan tinggi untuk menunjang suatu program pengajaran. Buku ajar merupakan salah satu unsur pokok kurikulum yang dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Sebagian guru menjadikan buku ajar itu sebagai pedoman dan bantuan, karena ia dilengkapi dengan tugas dan latihan-latihan. Dengan kata lain, buku ajar dalam hal ini hanya menjadi buku suplemen. Sedangkan sebagian lainnya memfungsikan buku teks sebagai silabus, yang merupakan referensi utama dalam proses pembelajaran. 

Adanya buku ajar di sekolah, dapat dikarenakan oleh terbatasnya kemampuan guru dalam mengembangkan materi dan menyusun sendiri buku ajarnya. Selain itu, waktu yang terbatas juga menyulitkan guru dalam menyiapkan materi ajar pendamping, seperti modul, lembar kerja siswa, hand-out, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, guru dintuntut mampu untuk menentukan buku teks yang akan digunakannya dalam pembelajaran di kelas. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru dalam menyeleksi buku ajar yang sesuai adalah dengan menganalisa buku dan melakukan taqwim/evaluasi buku, apakah buku tersebut layak dipakai dalam proses pembelajarannya atau tidak. 

Evaluasi menurut Ralp Tyler, adalah suatu proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana dari sesuatu yang belum tercapai sesuai yang diharapkan. Maka evaluasi buku ajar merupakan suatu proses pengumpulan data mengenai buku ajar, untuk mengukur sejauh mana buku tersebut bermanfaat dalam proses pembelajaran, lalu bagaimana menunjang penyusunan buku dan memperbaiki/ menyempurnakan kembali buku tersebut. 

Evaluasi terhadap buku ajar diperlukan untuk mengklarifikasikan kesulitan dan kekurangan yang harus dibenahi dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, ada beberapa jenis-jenis evaluasi untuk buku ajar, diantaranya:
a.       Evaluasi pendahuluan
Evaluasi ini dilakukan sebelum melaksanakan program yang telah ditentukan. Evaluasi ini juga berguna untuk mendapatkan data-data tentang tingkatan peserta didik yang akan menerima materi pelajaran.
b.      Evaluasi proses
Evaluasi ini merupakan lanjutan dari evaluasi pendahuluan. Evaluasi ini terjadi saat berlangsungnya materi pembelajaran yang mencakup penilaian tujuan, penilaian proses dan penilaian hasil.
c.       Evaluasi akhir
Evaluasi ini dilakukan setelah melalui fase-fase dari evaluasi perkembangan. Melalui evaluasi ini dapat diketahui, bagaimana hasil kemampuan siswa setelah menggunakan buku ajar tersebut.

d.      Evaluasi berkelanjutan
Evaluasi ini akan sempurna jika mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan, baik dari segi materi maupun dari segi metode, serta perubahan sosial yang akan membawa kepada perbaikan pandangan dari metode yang digunakan.[1]


[1] Abdurrahman Ibn Ibrahim al-Fauzan, I’dad Mawad Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah, (t.p. : t. Tp, 1428 H) hal. 101
 

=>> sekedar catatan kuliah :)


No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...