7.11.12

Mengeja Kata



Kalau kau sulit mengeja kata, belajarlah dulu mengenal huruf. Kenali detailnya. Perlahan, satu persatu, gabungkan huruf-huruf itu. Menjadi kata. Satu kata kau cerna. Kembali analisa, huruf-huruf yang ada di dalamnya. Kenali kata itu. Kau baca. Baca lagi. Baca lagi. Sampai kau menjadi sangat kenal. Bahkan lelah. Sudah, berhenti.
Lalu apa? 

Lalu, kau beranikan diri merangkai kata-kata itu menjadi sebuah idiom. Gabungkan saja. Apa artinya, bagaimana maksudnya. Pahami lagi. Terus pahami. Tidak mudah? Kau bisa.

Kemudian kau coba rangkaikan idiom dan kata-kata itu menjadi sebuah kalimat. Terus begitu. Rangkai terus. Jadilah ia kalimat. Apa susahnya?

Jika kau telah membaca kalimatmu sendiri, sadarilah bahwa kalimat itu adalah susunan huruf dan gabungan kata-kata yang sejak awal telah kau kenali. 

Dengan mengenal sesuatu yang dari dasar membuat kau benar paham hal-hal kecil sebelum menjadikannya sesuatu yang besar. 

Singkatnya, ide besar adalah rangkaian proses dari ide-ide kecil dan sederhana yang biasa kau ciptakan, gabungkan dan rangkaikan. 

Lalu, apa kau masih kesulitan mengeja kata? :)
 

No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...