11.4.13

Kebetulan dan Kesengajaan

Fakta berikut ini saya baca di sebuah majalah milik Nana, (cucu ibu kos saia). Majalah tersebut didapatnya sebagai hadiah lomba menulis surat kepada walikota. Wuihh...mantap. Kecil-kecil begitu, sudah lancar menulis ya Nana. :)

Ada banyak hal menarik dalam buku tersebut, namun satu diantaranya, mengantarkan saya untuk berpikir lebih, menimbulkan pertanyaan lain: Apakah segala kebetulan yang kita hadapi adalah kesengajaan Tuhan?  Kalau begitu, mungkin saja kebetulan-kebetulan itu berupa kesempatan kedua, pengulangan cerita, dan lain sebagainya. Selanjutnya, jika benar semua kebetulan konsep Tuhan itu adalah kesengajaan, boleh jadi prediksi-prediksi, ramalan-ramalan dan dugaan berlaku.

Namun, bila kebetulan itu adalah kebetulan Tuhan, apakah Tuhan punya konsep kebetulan? (*)

**

Abraham Lincoln dan JF Kennedy adalah dua presiden Amerika. Keduanya mati terbunuh.

Abraham Lincoln

Abraham Lincoln (lahir di Hardin County, tahun 1809, meninggal pada tahun 1865, pada usia 56 tahun). Ia adalah Presiden ke-16 Amerika Serikat.

Ia lalu digantikan oleh Andre Johnson yang lahir tahun 1808.

JF Kennedy
JF Kennedy

Sedangkan Kennedy digantikan oleh Lindon Johnson yang lahir pada tahun 1908.

Pembunuh Lincoln lahir pada tahun 1939, dan pembunuh Kennedy lahir tahun 1939. 
Sekretaris Lincoln bernama Kennedy, dan pembunuh Kennedy bernama Lincoln.



***
Apakah semua kebetulan itu juga kesengajaan Tuhan?

Menurut saia: Yap. Semua kebetulan versi kita adalah kesengajaan Tuhan. Tidak ada kata 'kebetulan' dalam konsep Tuhan. (*)


No comments:

Post a Comment

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...