15.12.11

Kantung Mata Perempuan


Menurut Anda, bagian mana di wajah kita yang menentukan fresh/segar tidaknya kita? Mennurut saya : Mata.
Seorang teman kemudian membenarkan. Ia memaparkan banyak hal terkait Kantung Mata.


Mitosnya, perempuan yang berkantung mata adalah indikasi tentang perawan tidaknya ia. Jika terdapat kantung mata, berarti ia sudah tidak perawan lagi. Sedang jika matanya terlihat segar dan kencang, berarti masih perawan. mungkin maksudnya adalah jika mata lelah dan berkantung, seseorang terlihat lebih tua. Yang namanya mitos tetap saja tidak bisa dipercaya.


Kantung mata tidak hanya disebabkan oleh kelelahan saja. Penyebab lain seperti disebutkan (Women health; Cantiq) diantaranya:
  • Genetik
Kantung mata bisa muncul karena faktor genetik atau keturunan. Itu terjadi karena otot mata terlalu besar sehingga terlihat menonjol. Munculnya kantung mata karena faktor genetik memang bisa dikurangi. Namun, tentu hasilnya tidak maksimal karena memang genetiknya terpola seperti itu.
  • Pertambahan Usia
Seperti dijelaskan Aji, penuaan bisa berdampak langsung pada kulit. Makin tua usia seseorang, kualitas kulitnya makin menurun. Hal ini karena pertambahan usia menyebabkan produksi kolagen yang bertanggung jawab terhadap kekenyalan kulit juga menurun. Jika kolagen berkurang, kulit menjadi tidak lentur lagi, sehingga tidak bisa menahan kulit dan cenderung mengatung. Akibatnya timbullah kantung pada kulit di bawah mata.
Pertambahan usia juga menyebabkan semakin munumpuknya lemak di beberapa bagian tertentu, termasuk kulit di bawah mata. Akibatnya muncullah kantung di area tersebut.
  • Menopause
Ini tentu juga berhubungan dengan pertambahan usia. Menopause rata-rata terjadi pada usia 50-an. Pada saat menopause, produksi hormon menurun. Begitu pula dengan produksi kolagen. Hal ini menyebabkan kulit berkurang kekenyalannya, sehingga memicu munculnya keriput. keriput ini membuat kulit di bawah mata membentuk suatu kantung. Selain itu, menopause juga ditandai dengan terjadinya akumulasi lemak di bagian tubuh tertentu, termasuk kulit bawah mata. Timbunan lemak ditambah kulit yang mengendur akan semakin memperjelas kantung mata.
  • Alergi
Kasus alergi tertentu, seperti alergi terhadap serbuk bunga juga bisa memicu munculnya kantung mata. Jika masuk ke mata, serbuk bunga akan menimbulkan rasa gatal, sehingga merangsang untuk menggosoknya. Akibatnya, muncul bengkak di sekitar mata. Bengkak tersebut kemudian terlihat sebagai kantung mata.
  • Sinar Matahari
Menurut Aji, orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, beresiko besar mengalami penuaan dini karena banyak terpapar sinar matahari. Sebab, terpapar sinanr matahari secara terus-menerus dalam waktu lama, bisa merusak kolagen dalam kulit. Sehingga, kulit berkurang elastisitasnya.
Tentunya itu menyebabkan kulit menjadi kering sehingga mempercepat timbulnya kerutan. Begitu pula dengan kulit di sekitar mata, sehingga terjadi kantung mata. Orang-orang Indonesia yang biasa menyetir di sebelah kanan, menyebabkan bagian kanannya sering terpapar matahari. Akibatnya, kerutan-kerutan tampak lebih banyak di bagian tubuh sebelah kanan. Itu juga mempengaruhi tingkat keparahan kantung mata. Selain itu, paparan sinar matahari juga menyebabkan pigmentasi tidak merata. Gangguan tersebut biasanya terlihat seperti vlek-vlek hitam. Vlek tersebut bisa memperparah lingkaran hitam di mata yang biasanya menyertai kantung mata.
  • Gaya Gravitasi
Gaya gravitasi menyebabkan suatu benda cenderung tertarik ke bawah. Saat posisi berdiri, kulit bawah mata yang telah mengendur cenderung menggantung ke bawah. Akibatnya, kantung mata akan semakin terlihat. 

-----

Teman saya tadi juga menilai, perempuan yang berkantung mata cenderung terlihat keibuan. Karena kantung mata yang ada menyiratkan rasa kasih sayang yang besarnya. Dan rasa kasih sayang itu muncul di hati. Perempuan itu mudah menangis. Mata yang berkantung itu adalah stok air matanya.

Ia meneruskan, orang-orang yang berkantung mata adalah orang hebat. Coba lihat, orang -orang hebat kebanyakan berkantung mata. Pak SBY aja matanya berkantung kan?! :D :D *kan bukan perempuan! keluar tema nihh*

"jadi..jangan minder jika mata Anda berkantung" katanya. :)

Dan yang paling penting, sebaiknya kita memang menjaga mata. Merawatnya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan E. Jika mata sudah -terlanjur- berkantung, bisa memberi cream pencerah atau produk kecantikan yang berguna untuk pencerah mata. Harganya juga bervariasi. Terjangkau. Kita juga perlu memberikan waktu istirahat yang cukup untuk mata. Memberikan waktu dan teknik relaksasi. Mengompres dengan handuk yang telah dicelupkan air es mungkin. Menempelkan mentimun, dan lain sebagainya.

Kecantikan itu perlu dijaga. Mutiara sekalipun, tak kan terlihat berharga jika tak dirawat dan dipelihara. Begitupun tubuh -perempuan-, semuanya mesti dirawat, walau hanya soal KANTUNG MATA.


^__^

2 comments:

Selendang Koto Gadang

Menyulam Pernah dengar Sulaman Koto Gadang?  Sulaman Koto Gadang, adalah sulaman spesifik Minangkabau yang berasal dari daerah K...